PERSEPSI DITANTANG E-COMMERCE KELOMPOK PEREMPUAN USAHA KECIL MIKRO

(Klaten, 6/8/2020). Akhir 2019 -2020, menjadi lompatan baru dalam pengembangan program PERSEPSI. Bermitra dengan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dan Assosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK), PERSEPSI menapaki jalan baru dalam pendampingan untuk pengembangan jalur pemasaranan prodik kelompok perempuan usaha kecil mikro.

Jika selama ini pemasaran produk kelompok perempuan usaha kecil mikro dilakukan di pasar pasar pasar tradisional maupun dengan dijajakan dari rumah ke rumah, maka di masa pandemi Covid 19, pemasaran dilakukan secara online. Kerjasama untuk Program Peningkatan Ekonomi Lokal dan Pengembangan Produk Unggulan Perempuan Yang Berkelanjutan Melalui E-Commerce di Wilayah Provinsi Jawa Tengah mengambil lokasi di Kabupaten Wonogiri,Klaten, Sukoharjo, Surakarta dan Rembang. Program ini dipimpin oleh Artati Tyas Asmorowati, dengan Tenaga Pendamping Lapang Ika Milawati(Wonogiri Timur dan Klaten), Sukini (Wonogiri Selatan dan Barat), Retno Damayanti (Rembang), Nur Halimah (Administrasi dan Keuangan). Sedangkan untuk wilayah Sukoharjo dan Surakarta diampu langsung oleh Koordinator Program.

Program ini ditargetkan bisa menjangkau 3 provinsi yaitu Jawa Barat dengan target peserta sebanyak 791 orang, Jawa Tengah dengan Target Peserta 512 orang, dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebanyak 890 orang. Tujuan dari program ini adalah adanya peningkatan pendapatan kelompok perempuan usaha kecil dan difable melalui jalur penjualan e-commerce, yakni penjualan secara online. Untuk kepentingan itu, PERSEPSI menggandeng Tokopedia.

“Keluaran diharapkan dari program ini  secara nasional adalah: 1) Sebanyak 2115 kelompok perempuan usaha kecil  terlatih dalam tata cara permasaran secara online dan  2) sejumlah 750 kelompok perempuan usaha kecil mendapatkan pendampingan, dan diharapkan dapat meningkatkan penjulaan produk dan 3) sebanyak 75 kelompok usaha difable mendapatkan pendampingan, dan diharapkan dapat meningkatkan penjulaan produk melalui e-commerce” kata Tri Yuli Umiyati, SP, Wadir Permberdayaan Perempuan dan Usaha Kecil Mikro (PP UKM) PERSEPSI dalam kesempatan hadir pada acara pelatihan di Desa Pulutan Wetan, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Pembukaan dilakukan oleh Sekretaris Desa ini pada Juli 2020.

Konfirmasi kepada Koordinator Program ini, Artati Tyas Asmorowati, S.Hut, “Kemajuan yang menjadi beban tanggungjawab PERSEPSI yang sudah dicapai Kooridnator Program berupa a) terkumpul 474 data tentang perempuan usaha kecil mikro yang tersebar di Kabupaten Wonogiri, Sukoharjo, Surakarta, Klaten dan Rembang, dan 465 diantaranya sudah dilatih bagaimana membuka toko secara online;  b) terkumpul data dan  terlatih 38 difable pelaku usaha kecil mikro yang berada di Kabupaten Klaten,   c) sejumlah 465 perempuan usaha kecil mikro telah mendapatkan pelatihan penggunaan aplikasi Tokopedia (e-commarce), d) Sebanyak 38 difable telah mendapatkan pelatihan penggunaan aplikasi Tokopedia (e-commarce)  berupa pelatihan meliputi membuka akun pribadi, membuat toko online, mengupload produk, serta tips dalam melakukan penjualan secara online” katanya di sela sela merekap kegiatan lapangan”dengan demikian masih tersisa 9 orang yang belum dilatih karena belum memungkinkan dilakukannya tatap muka karena mereka berada dalam Zona Merah dalam wabah pandemic Covid 19, yakni Kabupaten Sukoharjo dan Kota Surakarta”, tambahnya.

“Pelatihan ini dikawal bersama oleh Wadir PPUKM, PKLH dan PPSJI, SDM PA untuk memastikan bahwa produk produk olahan hasil pertanian, kelompok usaha kecil , dan proses pelatihan terkelola secara baik serta peningkatan SDM staff, untuk mencapai target dan membawa perubahan bagi inovasi program PERSEPSI” kata Yanti Susanti S.Ag, saat dikonfirmasi tentang program ini.

(ppsji/tw/ag’20)

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id