MENGGAGAS DAN MENYIAPKAN KULIAH FILSAFAT BAGI AKTIFIS

oleh: Taryanto Wijaya

 Mungkin terasa aneh bagi sebagian kalangan ketika para aktifis harus kuliah filsafat. Tetapi ini adalah sesuatu yang mungkin dan sumberdayanya ada.  Bagaimana seorang aktifis secara sendiri dan bersama akan bisa melakukan perubahan secara mendasar, konseptual dan berkelanjutan jika tidak ada kerangka berpikir kritis pada pengelolaan proyek atau programnya. 

Berpikir kritis adalah buah dari tradisi filsafat. Karena dengan berpikir kritis para aktifis tidak akan terjebak pada apa yang tampak di dataran permukaan, tetapi tajam menghunjam sampai ke akar persoalan (root cause). Solusi yangulan tepat hanya bisa diambil ketika seseorang atau sebuah tim kerja bisa berpikir kritis dan bertindak seksama melalui berpikir runtut, sistematik, obyektif dan mendalam serta menyeluruh. Kemampuan demikian diperoleh melalui keterlibatan dan perkualiahan maupun tradisi dialektika dalam organisasi.

Adanya sejumlah ahli di PERSEPSI, sesuatu yang mungkin didayagunakan oleh bagian pengembangan SDM untuk mendukung penyiapan kemampuan baru pada SDM yang ada guna menghadapi tantangan dan perubahan pada 3 tahun mendatang. Forum diskusi mingguan atau bulanan bisa menjadi ajang untuk membahas penugasan penugasan dari pembimbing, sedangkan proses kelas dilakukan secara online pada waktu yang ditentukan atau melalui akses ke website tertentu. 

Ini karena perubabahan dinamika yang ada tidak cukup dihadapi dengan kerangka berpikir dan bersikap yang dibangun pada era 1990an, dan membutuhkan pembaharuan pembaharuan tertentu untuk meningkatkan pengetahuan (know what), kemampuan (know how), dan peningkatan daya (ability dan capability) yang lebih menjawab tantangan.

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id