KEMITRAAN USAHA SEBAGAI POLA KELOLA PROGRAM PERSEPSI

(Klaten, 5 Nov. 2019). Disadari sepenuhnya, bahwa kecermalang dan kebagusan ide menjadi kunci penting PERSEPSI untuk bisa tetap eksis dan diterima banyak pihak dalam melangkah mencapai cita cita kelembagaan. Tidak mengherankan jika tim program dan manajemen PERSEPSI seperti mengubah halun dan meretas jalan baru dengan segenap lika dan likunya.

“Inovasi menjadi semangat semua lini” tegas Farida Hayati, saat melihat dari dekat proses proses dan kemajuan rintisan program baru 2018 sebagaimana  dimandantkan di Rapat Umum Anggota, maupun Rapat Gabungan dan  Rapat Kerja Tahunan,”karenanya setiap pihak di dalam lembaga ini harus menyuguhkan nilai baru dari proses dan hasil kerjanya” tandasnya.

Menindaklanjuti kebijaan tersebut, sejumlah pendekatan dilakukan untuk bisa meraih kerjasama dengan berbagai lembaga lain melalui skeme kemitraan usaha.

“Kami mencoba memvariasikan antara program sertifikasi pengelolaan hutan rakyat dengan standar FSC, satu model didanai oleh lembaga funding, dan model yang lain melalu kemitraan usaha” kata Edi Supriyanto. Sebagaimana diketahui publik, PERSEPSI didukung oleh World Wild Fund for Nature (WWF Indonesia) untuk penyiapan hutan rakyat di beberapa daerah di Ponorogo, Lumajang dan Pacitan, dan juga oleh PT SOSIAL BISNIS INDONESIA kegiatan serupa di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

Sementara itu, “Upaya menata dan memanfaatkan lahan PERSEPSI sebagai bagian dari rancangan pengembangan ekowisata dikembangkan dengan Dr. Kintoko untuk aspek pengembangan produk olahan dan dengan Dr Baiquni untuk aspek manajemen dan pemasaran” sebagaimana disampaikan  Nasrah di sela rapat gabungan.

“Pemanfaatan hasil hutan bukan kayu, berupa getah pinus telah dijajagi dan sampai kepada penandatangan MoU kerjasama untuk 30 tahun ke depan” tegas Yanti Susanti  melanjutkan pembicaraan hasil negosiasi Wadir PPSDI dengan Direktur PT Aura Bhumi Sejahtera dan PT Sylva Oleum Nusantara di Kabupaten Wonogiri, Ponorogo dan Pacitan. 

“Program Local Harvest mencoba membangun kemitraan antara para petani garam dengan investor usaha berbasis konservasi mangrove di pantai utara Jawa di Kabupaten Rembang” tandas Tri Yuli Umiyati,  Wadir PPUKM yang sedang menyiapkan lokasi dan kelompok sasaran dengan bekerja secara lintas bidang kerja di PERSEPSI. 

Program program di atas menjadi rintisan baru yang masih menyediakan tantangan di sana sini dari segi kebaruan atau inovasi konsep, pendeatan, penataan kelembagaan, fasilitasi pemasaran, dan teknologi pengolahan dan sistem informasi kelembagaan Satuan Pengelola Hutan Rakyat. Pola kelola program dengan kemitraan usaha menunutut PERSEPSI untuk menafsir ulang pemahaman sebagai organisasi nirlaba, maupun peningkatan kapasitas tim dan organisasi dan untuk mendapatkan input guna berdaya dan berjaya dalam jangka panjang.

Klaten,  November 5 , 2018

 

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id