PERSEPSI PROMOSIKAN HUTAN RAKYAT LESTARI STANDAR FSC DI PACITAN

(Pacitan/29/4/2019).  Usai pendampingan 8 bulan, PERSEPSI mengukuhkan hutan rakyat di bawah  Forest Management Unit (FMU)  Gabungan Kelompok Tani Hutan (Gapoktanhut)  Punung Wana Lestari siap dinilai oleh Lembaga Sertifikasi dengan standard FSC yang berlaku secara internasional. Aca ini dilakukan di Sekretariat Unit Manajemen ini yang berlokasi di Desa Piton, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur, pada Senin, 29 April 2019.

Pembukaan dilakukan oleh Direktur PERSEPSI,Yanti Susanti, dan disambut baik oleh wakil  Camat Punung, dan Kepala Cabang Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur Wilayah I, jajaran manajemen PERSEPSI, para perwakilan dari  desa, dan juga Petugas Kehutanan Lapangan (PKL) se Kabupaten Pacitan. Acara pembukaan ini juga dihadiri para Pengurus Forest Management Unit (FMU) yang terdiri dari 9 desa di Kecamatan Punung, yakni 1)Bomo, 2) Piton, 3) Kendal, 4) Wareng ,5) Mantren, 6) Mendolo Lor, 7) Mendolo Kidul, 8) Punung dan 9) Sooka. Total luas  wilayah yang hutan rakyat yang diajukan untuk penilaian ini adalah 2.758 hektar, yang dimiliki oleh 7.452 kesatuan keluarga, dengan jumlah pohon sebanyak 465.204 batang, dengan jatah tebang tahunan 8.354 m3, dan jatah tebang bulanan 696,4 m3.

Penilaian dilakukan oleh PT SCS Global Service sebagai pihak ketiga independen sebagai Lembaga Serifikasi, yang menghadirkan 3 auditor dan bidang keahlinya  yakni Ir. Thesis Budianto (Produksi) , Ir Asep Rusdiana (Social) , dan Dr. Wahyu Hidayat. (Ekologi). Penilaian berlangung dengan menggunakan 10 Prinsip, 66 Kriteria sebagaimana tertuang dalam, berlangsung dari tanggal 29 April  sd 3 Mei 2019, dengan metode desk audit untuk memeriksa kelengkapan dokumen, wawancara dengan para pengurus dan para pihak, verifikasi lapangan dan triangulasi data.

PT SCS Global Services menilai FMU Punung Wana Lestari dengan standar sebagai berikut: 1) FSC-STD-IDN-01-01-2013 untuk menilai kelestarian hutannya, dan 2) SCS-CoC Indicator for Forest Management Enterprise untuk menilai ketelusuran  dan keterlacakan asal  usul kayu, dan 3) FSC -STD-30- V 5.0 untuk Penggunaan Trademark Standar  FSC.

 

Ditandaskan oleh Direktur PERSEPSI dan diaminkan oleh Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur, bahwa Sertifikasi pengelolaan hutan rakyat lestari ini diharapkan tidak terhenti hanya pada selembar kertas sertifikat, tetapi mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sejalan dengan pengolahan hasil hutan kayu dan hasil hutan bukan kayu, beserta produk produk turunannya yang bisa diserap oleh industri dan pasar dalam dan luar negeri.

(ppsdi/tw-2019)

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id