PERSEPSI SIAPKAN WIRAUSAHA MUDA PETANI JAWA TIMUR

(Klaten, 4 Januai 2021) . Saat terjadi situasi kritis pada regenerasi petani, PERSEPSI gandeng Polbangtan melakukan kaderasi petani di 4 Kabpaten di Jawa Timur.

Mendasarkan pada data hampir 84% petani di Indonesia berusia lanjut sehingga diperlukan program Regenerasi Petani (Sensus Pertanian, 2013).  Terjadi penurunan jumlah petani tdari 39,7 juta pada ahun 2018 menjadi 33,48 juta orang petani tahun 2019. Maka diperlukan kebijakan spesifik mengenai program Regenerasi Petani utamanya terkait dengan pengembangan kewirausahaan muda dan kompetensi (keahlian) di bidang pertanian.

Telah dilakukan pelaksanaan PWMP (Program Wirausaha Muda Pertanian) merupakan program embrio untuk pengembangan kewirausahaan muda pertanian, dan ditindalanjuti dengan YESS sebagai program pengembangan kewirausahaan muda dan ketenagakerjaan di sektor pertanian yang pertama kali di dunia dan didanai oleh IFAD.

Program YESS (Youth Entrepreneurer Support System) di Propinsi Jawa Timur melibatkan banyak pihak salah satunya adalah para mobilizer yang keberadaannya perlu mendapatkan pelatihan awal agar lebih siap untuk menghadapi berbagai tantangan dan masalah di lapangan serta bekal dasar yang memadai dalam koordinasi dan tugas tugas lapangannya. Di samping para mobilizer, YESS juga melibatkan petugas dari DIT (Distruct Implementation team) dan DCT (District Communication Team) serta P4S.

Adapun  tujuan strategis dari program YESS adalah:

  1. Menghasilkan wirausaha muda perdesaan di bidang pertanian (job creator)
  2. Menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian (job seeker)

Dalam 3 bulan terakhir 2020, telah dilakukan seleksi ,penetapan SPK, dan pelatihan bagi 16 peserta yang lolos. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 22-23 dan 23-24 November 2020, di 2 region, yakni Region I, peserta dari Kabupaten Malang di Amaris Hotel Kota Malang, dan Region II untuk peserta dari Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Pacitam, di Hotel Prasasti Pacitan. Pelatihan diampu oleh Tim Pelatih PERSEPSI dengan narasumber dari Politeknik Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (Polbangtang) di Malang.

Pada Minggu ke- 2 dan ke-3 Desember 2020, telah dilakukan momitoring untuk menilai capaian kegiatan dan kinerja para mobilizer yang direkrut PERSEPSI di 4 kabupaten tersebut. Lompatan progresif ini, menjadi langkah baru PERSEPSI untuk menggeluti kembali isu isu pertanian dalam tantangan ketahanan dan kedaulatan pangan serta regenerasi petani yang kritis sekarang ini.

(PPSJI/TW)

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id