KRISTALISASI PROGRAM PERSEPSI 2019

(Wonogiri, 17 Desember 2019, PERSEPSI).  Tahun 2019 secara organisasi, PERSEPSI menunjukan dinamika internal yang tajam. Beragam program, kritik, saran, dan keputusan baru dibuat dalam Rapat Umum Anggota untuk menata program kerja 2020-2022. 

Betapa tidak. Tiga lapis penggiat organisasi ini bergerak bersama. Pada lapis pertama, tim lapangan di samping mengusung program program lanjutan seperti sertifikasi pengelolaan hutan rakyat lestari, konservasi tanah dan air, legalitas kayu rakyat, pendampingan usha kecil mikro, dan pendampingan petani garam lokal, menyita banyak tenaga dan waktu, terkait dengan target dan tata waktu yang telah dietapkan. PT Social Business Inonesia (SOBI), Perum Jasa Tirta I, WWF Indonesia-IKEA, dan Dinas Kehutanan Propinsi menjadi mitra penting dalam kerjasama tersebut.

Sedangkan di lapis kedua, di jajaran manajemen menorehkan program dan rambahan lahan baru yang menantang yakni dari segi merintis usaha baru berbasis sumberdaya lokal kelompok kelompok dampingan dan kemitraan dengan para pihak. Pada lapis ini, ditemput kemitraan dengan masyarakat pada upaya penyadapan dan tata niaga getah pinus rakyat di Kabupaten Wonogiri dan Pacitan, serta Pemasaran Tenun Lurik Pewarna Alam di Cawas Klaten, Program Inovasi Kabupaten (Wonogiri, Klaten, Bantul dan Kulonprogo) menjadi arena menguji konsep dan strategi program dimana PERSEPSI mendapatkan bagian dari keuntungan usaha berbanding dengan jumlah produk terjual, menjadi gegap gempita baru.

Sementara itu, pergeseran konstelasi sosial, politik dan ekonomi bisnis di Kabupaten Klaten, telah mendoring PERSEPSI diminta masuk untuk melakukan evaluasi Indeks Kepuasan Masyarakat, serta Pengembangan Kelembagaan Usaha masyarakat pada desa desa di sekitar pabrik minuman dalam kemasan Aqua yang diproduksi oleh PT Tirta Investaama. Pada sektor ini mengharuskan PERSEPSI diminta mengevaluasi kinerja teman teman LSM sejawat yang telah menjai Mitra Pelaksana PT TIV untuk bidang pengembangan pertanian berkelanjutan, pengembangan ekonomi masyarakat, pengembangan ekowisata berbasis konservasi DAS.

Sedangkan pada level ketiga, para pengurus dan pengawas PERSEPSI di jajaran pengurus dan pengawas melakukan langkah langkah strategis menindaklanjuti keputusan Rapat Umum Anggota untuk bisa menyiapkan tata kelembagaan yang bisa lebih adaptif terhadap perubahan dan tuntutan dinamika kekinian dan depan. Kebutuhan untuk adanya sebuah foundation yang bisa lebih leluasa untuk bersinergi dengan tanggungjawab sosial perusahaan, dan juga kebutuhan adanya unit bisnis mandiri yang bisa menyahuti hasil hasil pendampingan dan tawaran tawaran kemitraan usaha menjadi keniscayaan untuk bisa eksis kini dan ke depan.

Tentu saja kemampuan sumberdaya manusia yang lebih baik dan dukungan informasi dan teknologi menjadi penyangga penting untuk upaya membuka jalan baru ke depan pasca 2019 yang segera berakhir. Tahun 2019 telah mengristalkan pemahaman penting untuk adanya penafsiran baru atas dogma nir laba (non profit ), non partisan (tidak memihak pandangan politik tertentu), dan hadir di masyarakat selalu membawa “proyek”. Kini proyek atau program hadir dan dibiayai dari sumberdaya di lapangan dimana PERSEPSI hadir dan berada. Tidak mudah, tetapi memang harus dijalani. (tw-ppsji)

 

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id