GERAKAN MILLENIAL INDONESIA BANGKIT AJAK PERSEPSI MELAKUKAN PEMBASISAN

(Wonogiri, 26 Maret 2020). Ketua Umum Gerakan Millenial Indonesia Bangkit, Wisnubroto, mengajak PERSEPSI untuk melakukan pemodelan pembasisan gerakan ini, dengan mengambil lokasi pilot project di Wonogiri. Gerakan dengan kelompok sasaran kaum millenial dan memadukan dengan kaum tradisional, dirancang untuk menggarakan 4 pekerjaan pembasisan gerakan ini sebagai berikut. Ada 4 pekerjaan yang dimintakan kepada Persepsi:1) konseptor model pengorganisasian penanaman pohon sengon solomon dan  balsa oleh kelompok milineal, 2) konseptor pembentukan Koperasi Kelompok Milenial,3) pengorganisasian usahatani dan wanatani berkelanjutan oleh kelompok milenial, dan 4) pembentukan kelompok untuk mengakses Perhutnan Sosial di Pulau Jawa.

Melalui diskusi bersama antara Ketua Umum Gerakan ini dan PERSEPSI (Teguh Suprapto dan Taryanto Wijya) di Giriwoyo, pada Minggu, 22 Maret 2020, bersepakat untuk menentukan pemodelan gerakan ini dan akan diawali dengan gerakan penanaman 4000 batang tanaman Balsa dan Sengon Solomon, dengan lokasi percontohan di Desa Ngunggahan, Eromoko , Sub DAS Ngunggahan, Kabupaten Wonogiri. Penanaman perdana akan dilakukan oleh 1502 kaum millenial Wonogiri, pada awal April 2020. Gerakan ini juga didukung oleh Markas Komando Militer (Makorem) Surakarta, Kodim Wonogiri, dan Koramil setempat, yang siap dengan dukungan mobilitas pasukan untuk penyiapan, pelaksanaan, dan pengawasan serta pengamanan bersama kaum milenial dan tindaklanjutya.

“Tentara kita libatkan, karena sudah diinstruksikan oleh PANGAB bahwa tentara ke depan juga akan menjadi pasukan ekonomi” tandas Wisnubroto di Pondok Kayu tempat Presiden Soerharto meresmikan waduk di Wonogiri, tahun 1982 lalu.

PERSEPSI menyahuti hal ini sebagaimana pengalamannya menyiapkan pemodelan untuk Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) serta Sertifkakasi Pengelolaan Hutan Lestari,dan juga pengalaman panjangnya menggarakan program pertanian seperti Pengembangan Usahatani Lahan Kering (PULK) dan Pemberdayaan Ekonomi Pertanian Berkelankutan (PEPB) kerjasama antara PERSEPSI dengan Lembaga Flamish Organization on Development Organization (FADO-Veco) Belgia, 1994-2001.

(ppsji-tw)

 

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id