ARAH PENAJAMAN PROGRAM INOVATIF PERSEPSI

oleh: Taryanto Wijaya

Sebagai NGO yang memiliki pengalaman panjang bergelut dengan pengembangan masyarakat, kini PERSEPSI dihadapkan pada tantangan berat. Program program yang dikembangkan 15 tahun yang lalu perlu dievaluasi secara mendasar baik secara internal maupun eksternal. Evaluasi itu penting untuk menemukan ketepatan arah program untuk mewujudkan visi misi lembaga, sumberdaya yang dibutuhkan serta kebijakan baru apa yang diperlukan untuk mendukiung itu.

Setidaknya ada 4 bidang yang butuh penajaman arah: mau dibawa kemana pengelolaan program program tersebut. Pertama, program pemberdayaan perempuan dan UMKM yang selama ini menempatkan PERSEPSI lebih sebagai lembaga pendamping dan prakarsa pemasaran produk kelompok dampingan. Kedua, program pertanian kehutanan dan lingkungan hidup, dengan satuan pengelola hutan (forest management unit) yang menyebar di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jambi, Kalimantan, serta Papua dengan standar wajib seperti SVLK untuk legalitas kayu, maupun standar sukarela pengelolaan hutan lestari seperti PHBML LEI maupun SLIMF FSC, yang juga lebih menempatkan PERSEPSI sebagai lembaga pendamping untuk sertifikasi dan prakarsa pemasaran awal. Program Studi dan Pelatihan, yang masih mencari bentuk apakah akan dilakukan sebagai sesuatu yang berdiri sendiri ataukah akan juga support untuk divisi yang lain, dengan membawa agenda latihan sendiri yang relevan. Keempat, pengembangan SDM dan pendayagunaan asset terkait dengan prakarsa ekowisata.

Penajaman arah yang perlu ditempuh untuk keempat bidang itu  sekurang kurangnya meliputi 4  hal sebagai berikut: 1) memberikan kontribusi pemasukan bagi sebagian pembiayaan program PERSEPSI, 2) peningkatan SDM yang memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk penanganan program interen dan juga dibutuhkan oleh pihak ekstern, 3) sistem dokumentasi dan informasi yang lebih baik untuk pembelajaran program dan publikasi secara kreatif yang memiliki nilai jual lebih luas, dan 4) kemampuan untuk melahirkan program program baru yang lebih inovatif dan terintegrasi antar bidang dalam satu wilayah.

Wonogiri, 18 April 2018

Kontak Kami

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

 

Kantor Pusat :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Klaten-Jatinom Km. 3 Kwaren, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah- Indonesia

Telp. +62 272 322211

Fax. +62 272 322865

E-mail. persepsi@indo.net.id

 

Kantor Cabang Wonogiri :

Perhimpunan untuk Studi dan Pengembangan Ekonomi dan Sosial (PERSEPSI)

Jl. Cempaka VI No. 1,  Pokoh, Wonogiri, Jawa Tengah 57615

Tilp/Fax : 0273-322059

Email : persepsi@indo.net,id